Monday, July 13, 2015

Gua Tham Khoun Xe di Laos

Gua Tham Khoun Xe, juga dikenal sebagai Gua Sungai Xe Bang Fai, adalah gua sungai besar yang terletak di sudut terpencil Provinsi Khammouane di pusat Laos. Gua ini diyakini menjadi salah satu gua sungai terbesar di dunia dengan lorong-lorong gua yang sangat besar, ada yang mencapai tinggi 120 meter dan lebar 200 meter.



Sungai Xe Bang Fai berasal dari pegunungan Annam Trung Sun di perbatasan antara Laos dan Vietnam dan mengalir melintasi Nakhai Plateau menuju ke Sungai Mekong. Nakhai Plateau terdiri dari batupasir dan lapisan karbonat besar yang telah dikikis oleh sungai sehingga menciptakan Tham Khoun Xe,, saluran bawah tanah sepanjang 7 km.


Gua ini telah lama dikenal oleh orang-orang Lao yang selama berabad-abad telah memancing di sungai ini di pintu keluar gua, dan memanjat dinding pintu masuk gua untuk memanen sarang burung. Eksplorasi Eropa pertama dilakukan pada tahun 1904, dan kemudian lagi pada tahun 1905 oleh penjelajah Perancis Paul Macey dan timnya dengan rakit bambu. Tidak ada upaya eksplorasi lebih lanjut pyang dibuat hingga sembilan puluh tahun berikutnya setelah, karena alasan yang tidak diketahui, daerah itu tertutup untuk orang asing. Gua itu akhirnya dibuka dengan berat hati pada tahun 2005-2006 untuk kayakers Barat. Sejak itu, tim Perancis dan Amerika Utara terus beraktivitas di daerah tersebut.

Pintu masuk ke gua adalah lengkungan (arch) setinggi 60-meter di dasar sebuah amphiteater batu kapur alami yang mengesankan setinggi lebih dari 150 meter. Lebar rata-rata lorong gua adalah 76 meter dan tinggi 53 meter, tetapi lebarnya sering melebihi 100 meter di beberapa tempat. Lebar bagian terbesar, adalah 200 meter. Kedalaman sungai di dalam gua antara 4 sampai 12 meter. Banyak stalagmit di sini tingginya lebih dari 20 meter, dan beberapa mutiara gua sebesar 32 cm.












Mutiara Gua



Baca Juga:









Sumber:

Popular Posts